Kamis, 31 Maret 2011

Pengenalan Tic Tac Toe 3x3x3


permainan ini menggunakan bahasa pemrograman Prolog. Dan di sini saya menggunakan Strawberry Prolog sebagai program editor. Strawberry Prolog merupakan sebuah bahasa pemrograman logika yang memiliki Object Oriented Language. Pada prolog ini tidak terdapat prosedur, hanya terdapat kumpulan data yang akan diolah. Untuk menggunakan strawberry prolog tidak dilakukan instalasi. Programmer dapat meng-unduhnya secara gratis di website resminya. Namun karena penggunaannya yang gratis, pada strawberry prolog ini, games Tic Tac Toe tidak dapat membentuk sebuah file execute (exe). Jadi program dapat dijalankan dengan membuka file strawberry prolog (spj) di dalam strawberry prolog itu sendiri

Kecerdasan buatan atau yang sering disebut dengan AI pada game ini terletak pada komputer yang akan bertindak sebagai lawan. Komputer akan selalu berusaha mengalahkan user.Komputer dapat menyusun strateginya sendiri agar menjadi pemenang.

Permainan ini dapat dimainkan untuk semua usia. Karena permainan ini mengasah ketrampilan otak dengan menyusun strategi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat program Tic Tac Toe adalah pembuatan papan permainannya.Di sini saya menggunakan papan 3 dimensi yang berukuran 3x3x3. Game Tic-Tac-Toe merupakan permainan yang mengasah logika seorang pemain yang melawan AI komputer. Pada game ini akan menampilkan 27 spot. Dalam permainan ini menggunakan dua buah warna yaitu warna merah yang akan digunakan oleh pemain dan warna biru yang digunakan oleh Komputer. Game ini akan mengasah otak pemainnya. Pemain diminta untuk menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan game ini. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh satu pemain karena Komputer bertindak sebagai lawan.

Aturan Permainan :

Games tic tac toe ini memiliki aturan main (Rule) yang digunakan selama berlangsungnya permainan, diantaranya sebagai berikut:

1. User memulai permainannya terlebih dahulu, dan user menentukan posisi dari warna yang akan dimainkan. Dalam permainan ini, user bebas meletakkan warna di mana saja di papan permainan.

2. User akan dihalangi oleh computer untuk mencapai goal (tujuan) karena computer telah diberi kecerdasan buatan sehingga computer juga berusaha untuk menjadi pemenang.

3. Untuk mencapai suatu goal (tujuan) maka user harus menghindari terbentuknya kondisi yang membentuk secara vertical, horizontal, ataupun diagonal

Kondisi Menang:

Goal untuk menyelesaikan games Tic Tac Toe ini adalah jangan membuat sebuah deretan tiga symbol yang dapat dibentuk secara vertical, horizontal, diagonal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar