Senin, 22 Februari 2010

Pengantar Web 2.0

Istilah Web 2.0 lebih mengarah kepada trend pemakaian internet secara global. Trend ini banyak berfokus bagaimana pemakai internet memanfaatkan internet sebagai platform dalam bekerjasama dan bertukar informasi. Pemakai internet bukan hanya memakai internet sebagai penerima informasi saja, tetapi juga sebagai pembuat dan penentu informasi. Contoh yang paling nyata adalah situs-situs social-networking seperti Friendster, Facebook, Del.icio.us, Wikipedia, JPC , Blogger dan lain-lain.

Dalam situs Friendster atau Facebook, setiap orang bisa mendaftarkan dirinya dan kemudian mengupload fotonya, aktifitas dirinya dan kemudian mendefinisikan siapa temannya yang juga ada di dalam situs yang bersangkutan. Kemudian teman yang satu bisa melihat kawan-kawan dari teman yang ada demikian seterusnya sehingga akan terjalin jaringan yang besar. Dalam jaringan ini mereka bisa saling komunikasi dengan mudah melalui form-form yang disediakan. Orang akan sangat betah melakukan hal ini berjam-jam. Dan sering terjadi sesorang menemukan teman lamanya misal teman SD, SMP, kuliah dan lain-lain.

Del.icio.us merupakan social-bookmarking. Setiap orang dapat mendaftarkan dirinya sebagai member. Aktifitas dia selanjutnya adalah mencatat web-web yang disukai ke dalam profile dia di website ini. Dengan catatan ini, dia akan cepat menemukan kemabali situs yang pernah dikunjunginya untuk mendapatkan informasi yang lebih jauh. Informasi ini juga akan diketahui pengunjung-pengunjung yang lainnya, sehingga pengunjung yang mempunyai ketertarikan bidang yang sama akan terbantu.

Wikipedia merupakan ensiklopedia yang isinya ditentukan oleh siapa saja. Pengunjung tinggal daftar dan ikut memberikan penjelasan mengenai definisi-definisi yang ada. Dengan demikian Wikipedia menjadi sumber informasi yang sangat berguna bagi setiap pengunjung internet. Sebagai contoh untuk Web 2.0, Wikipedia memberikan definisi di http://en.wikipedia.org/wiki/Web_2.0 .

Di JPC atau Jakarta Photo Club dengan websitenya www.jakartaphotoclub.com setiap member bisa mengupload foto dan memberikan penilaian kepada foto orang lain. Dengan penilaian ini kemudian ada peringkat Photo of the Day, Photo of the Week, Photo of the Month dan sebagainya. Di web ini juga ada forum yang memungkinkan aktivitas diskusi mengenai suatu topik tertentu.

Pada Blogger, setiap orang dapat menjadi member dan mempunyai semacam website pribadi. Member dapat membuat artikel, membuat catatan pribadi, menuliskan opini, mengkritik dan lain sebagainya. Pengunjung internet dapat membaca semua artikel, catatan pribadi dan opini yang telah ditulis di sana dan dapat memberikan komentar. Para konsultan, selebriti dan lain-lain banyak yang memanfaatkan hal-hal tersebut.

Sebagai kesimpulan, di era Web 1.0 pemakai internet hanya sebagai penerima informasi. Tetapi di Web 2.0 pemakai internet bertindak sebagai penentu informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar